PROPOSAL USAHA “MINUMAN BOBA TEA UNYU-UNYU”
PROPOSAL USAHA
“MINUMAN BOBA TEA UNYU – UNYU”
DISUSUN OLEH :
1. RIZKA HAMIDATUN NISA ( 56416548 )
2. ANDI GILANG FAJAR RAMADHAN ( 50416774 )
KELAS 4 IA 21
FALKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika#
Dosen : Lely Prananingrum, SKOM. MMSI
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN1
A. Judul Kegiatan1
B. Status Usaha1
C. Rasional Kegiatan1
D. Tujuan Kegiatan1
BAB II METODE PELAKSANAAN2
A. Produk2
B. Bahan Baku2
C. Proses Produksi2
D. Pemasaran3
E. Tempat Produksi3
F. Strategi Pemasaran3
G. Analisis SWOT3
1. Strenght3
2. Weakness4
3. Opportunities4
4. Threath4
BAB III TARGET LUARAN5
A. Target Produk5
B. Target Konsumen5
C. Target Pendapatan5
BAB IV RENCANA BIAYA6
A. Rencana Biaya Usaha6
B. Menghitung Harga Jual7
BAB V JADWAL PELAKSANAAN8
A. Table Jadwal Pelaksanaan8
B. Uraian Tabel Jadwal Pelaksanaan8
LAMPIRAN DENAH LOKASI USAHA9
LAMPIRAN SURAT JAMINAN DOSEN PENDAMPING10
BAB I
PENDAHULUAN
A. Judul Kegiatan
Usaha Minuman Siap Saji.
B. Status Usaha
Usaha yang akan saya jalankan adalah usaha membangun (Boba Tea).
C. Rasional Kegiatan
Usaha Boba Tea Unyu – Unyu yang akan kami dirikan adalah jenis usaha perdaganganberskala kecil yang khusus hanya memproduksi Boba Tea saja. Alasan kami dalam memilihBoba Tea ini berdasarkan atas pertimbangan sebagai berikut :
1. Boba Tea saat ini sedang menjadi salah satu minuman favorit banyak orang, khususnya dikalangan anak muda. Boba Tea merupakan minuman yang mengandungteh dan susu. Biasanya juga tersedia berbagai varian rasa.
2. Bahan baku yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat, kami hanyamembutuhkan tepung tapioka, susu dan teh untuk bahan baku utamanya.
3. Mengembangkan dan menuangkan inovasi dengan membuat boba (bubble) berbagaibentuk agar lebih menarik lagi.
D. Tujuan Kegiatan
Tujuan di buatnya usaha minuman siap saji ini yaitu :
1. Sebagai bentuk pembelajaran kami dalam berwirausaha.
2. Memanfaatkan tepung tapioka, susu, dan teh sebagai minuman cepat saji.
3. Memberikan minuman yang memiliki rasa unik, dengan kombinasi banyak rasa.
BAB II
METODE PELAKSANAAN
A. Produk
Produk usaha yang akan kami hasilkan adalah Boba Tea, yaitu minuman sejenis Thai Tea. Menggunakan susu dan teh sebagai bahan baku utamanya, yang ditambahkan bubble (boba) sebagai pelengkap. Boba Tea merupakan produk yang kaya protein dan nutrisi baik bagikesehatan karena dibuat dari bahan-bahan alami.
B. Bahan Baku
Bahan baku utama dari Boba Tea ini adalah tepung tapioca, susu, teh dan gula pasir.
C. Proses Produksi
Boba Tea dibuat dengan proses sebagai berikut :
1. Tahap pertama, kamu buat boba atau bubble terlebih dahulu. Caranya masukkantepung kanji, jelly bubuk, dan pasta coklat.
2. Tuangkan sedikit air saja, sambil terus diaduk dan adonan bisa digulung. Janganterlalu encer, uleni terus sampai adonan jadi.
3. Bentuklah adonan menjadi bulat kecil-kecil seukuran kelereng atau lebih kecil.
4. Kemudian rebus terlebih dahulu adonan boba atau bubble hingga mengapung kepermukaan.
5. Sambil menunggu, kamu bisa membuat teh susunya.
6. Masukkan air panas setengah gelas saja, lalu tambahkan teh celup, gula pasir, dan susu. Aduk sampai larut.
7. Setelah boba atau bubble siap, campurkan ke dalam teh susu dan tambahkan esbatu.
D.
E. Pemasaran
Segmen pasar yang dibidik adalah wilayah Bekasi dan sekitarnya. Diperkirakan denganjumlah penduduk 49, 02 juta jiwa (berdasarkan situs pemerintah Kota Bekasi), Jika 15% darijumlah penduduk yang menjadi sasaran pemasaran tertarik terhadap Minuman Boba Tea, maka akan ada calon konsumen sebesar 478 konsumen. Strategi pemasaran yang dilakukanadalah dengan cara membuka stand. Dengan asumsi konsumen 478 orang, maka jumlahproduk yang harus dihasilkan adalah kurang lebih 478 Cup per bulan.
F. Tempat Produksi
Tempat produksi dilakukan di Summarecon Mall Bekasi Lantai 3. JL.Bulevard Ahmad Yani Blok M. Sentra Summarecon Bekasi, Bekasi 17142. Lokasi ini dipilih karenamerupakan pusat perbelanjaan yang banyak didatangi oleh para kalangan kaum muda-mudi.
G. Strategi Pemasaran
1. Menyebarkan leaflet
2. Menempelkan potser ke berbagai tempat
3. Word of mouth
H. Analisis SWOT
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal/aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan(strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threath).Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancardan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas:
1. Strength
a. Boba Tea dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dan semua umur.
b. Sedikitnya pesaing yang memproduksi boba tea dengan bentuk boba (bubble) yang unik.
2.
3. Weakness
a. Harga tinggi selalu menjadi pertimbangan konsumen.
b. Banyaknya pesaing yang menggunakan boba beroperasi didaerah yang sama.
4. Opportunities
a. Bahan yang digunakan mudah didapat.
b. Pengelolaannya cukup mudah.
c. Mendatangkan keuntungan yang cukup banyak.
5. Threath
a. Munculnya produk pesaing Boba Tea dengan merk lain.
b. Pesaing yang beroperasi di satu lokasi yang sama.
BAB III
TARGET KELUARAN
A. Target Produk
Produk yang akan dihasilkan adalah minuman cepat saji, kualitas produk yang akan dihasilkanadalah Boba Tea yang memiliki rasa unik dan disukai banyak orang. Sesuai dengan jumlahkonsumen yang ditargetkan, produksi yang akan dihasilkan adalah 478 Cup per bulan.
B. Target Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah masyarakat semua usia dengan jumlah target rata-rata 120 orang perhari atau 478 orang per bulan.
C. Target Pendapatan
Jumlah pendapatan yang ingin kami peroleh setiap hari adalah Rp. 520.000,- dan dalam sebulandapat memperoleh Rp. 15.600.000,-
BAB IV
RENCANA BIAYA
A. Rencana Biaya Usaha
Rencana biaya usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
1. Biaya Operasi
a. Bahan Baku
No.
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/sat (Rp.)
|
Jumlah (Rp.)
|
1
|
Tepung tapioka
|
1
|
Kilogram
|
10.500,-
|
10.500,-
|
2
|
Jelly bubuk
|
1
|
Pcs
|
3.500,-
|
3.500,-
|
3
|
Coklat bubuk
|
1
|
½ kilogram
|
12.000,-
|
12.000,-
|
4
|
Teh celup
|
1
|
Pack
|
6.500,-
|
6.500,-
|
5
|
Gula pasir putih
|
1
|
Kilogram
|
13.000,-
|
13.000,-
|
6
|
Susu kental manis putih
|
1
|
Pcs
|
3.000,-
|
3.000,-
|
7
|
Es batu
|
1
|
Pcs
|
1.000,-
|
1.000,-
|
Total
|
49.500,-
|
b. Bahan Pembantu
No.
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/Sat
(Rp.)
|
Jumlah (Rp.)
|
1
|
Gelas Plastik (Cup)
|
20
|
Pcs
|
7.000,-
|
140.000,-
|
2
|
Sedotan
|
20
|
Pcs
|
1.000,-
|
20.000,-
|
3
|
Plastik
|
20
|
Pcs
|
500,-
|
10.000,-
|
4
|
Ice Box
|
2
|
Pcs
|
150.000,-
|
300.000,-
|
5
|
Alat press cup
|
1
|
Pcs
|
2.000.000,-
|
2.000.000,-
|
6
|
Kabel roll
|
5
|
Meter
|
5.000,-
|
25.000,-
|
7
|
Gerobak
|
1
|
Buah
|
3.500.000,-
|
3.500.000,-
|
8
|
Poster
|
1
|
Buah
|
15.000,-
|
15.000,-
|
9
|
Leaflet
|
100
|
Lembar
|
2.000,-
|
200.000,-
|
10
|
Fotocopy
|
100
|
Lembar
|
200,-
|
20.000,-
|
Total
|
6.230.000,-
| ||||
Jumlah biaya produksi per hari
|
49.500,-
| ||||
Jumlah total biaya usaha
|
6.279.500,-
|
B.
C. Menghitung Harga Jual
No.
|
Uraian
|
Jumlah Biaya(Rp.)
|
Kapasitas Produk
|
Biaya per Unit
|
1.
|
Biaya bahan baku per hari
|
49.500
|
30
|
15.000,-
|
2.
|
Biaya perlengkapanper hari
|
170.000,-
|
20
|
8.500,-
|
Total biaya operasi per hari
|
219.500,-
| |||
Total biaya per unit
|
23.000,-
| |||
Margin keuntungan yang diharapkan
|
10%
| |||
Harga jual produk per unit
|
23.000,- + 2.300,- = 26.000,-
|
BAB V
JADWAL PELAKSANAAN
A. Table Jadwal Pelaksanaan
B. Uraian Tabel Jadwal Pelaksanaan
1. Persiapan Lokasi dimulai pada bulan pertama di minggu ke satu hingga minggu ke empat.Lokasi yang dipilih adalah Summarecon Mall Bekasi, dimana Mall tersebut selalu ramaipengunjung dan merupakan lokasi yang strategis
2. Persiapan peralatan dimulai pada bulan pertama di minggu ketiga hingga bulan kedua mingguketiga. Persiapan peralatan merupakan persiapan bahan pembantu seperti gelas, sedotan, gerobakdan lain lain.
3. Persiapan Bahan Baku dimulai dari Bulan kedua di minggu pertama hingga bulan keduaminggu ke empat. Persiapan bahan baku merupakan persiapan bahan seperti, tepung tapioca, the celup. Coklat bubuk dan lain lain.
4. Produksi, pengemasan dan pemasaran dimulai pada jadwal yang sama yaitu bulan ke tiga di minggu pertama hingga bulan ke lima minggu ke empat. Produksi, pengemasan dan pemasarandilakukan pada waktu yang bersamaan karena merupakan suatu agenda yang berkaitan.
5. Promosi dimulai pada Bulan ke tiga di minggu pertama sampai miggu ke empat, dandilakukan promosi lagi pada bulan ke empat minggu ke empat hingga bulan ke lima miggu keempat. Promosi ditujukan untuk menarik minat pelanggan.
6. Evaluasi dimulai pada bulan ke empat di minggu pertama dan kedua, dan dilakukan evaluasilagi pada bulan ke lima minggu pertama dan kedua. Evaluasi dilakukan untuk mengukur apakahpenjualan sudah memenuhi target yang diinginkan atau belum dan dilakukan penyelesaiannya.
7. Penyusunan laporan akhir dimulai pada bulan ke lima di minggu ke dua sampai minggu keempat. Penyusunan dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban.
Komentar
Posting Komentar