TUGAS SOFTSKILL (RANGKUMAN TUGAS 1 - 4)


1.1   CARA MEMBUAT WEB TABEL BIODATA DIRI
Sebagai mahasiswa IT pastinya kita akan mempelajari cara membuat web(web programming), salah satunya kita akan mempelajari tentang HTML. kali ini saya akan membuat biodata diri saya dengan tampilan web. berikut adalah kodingan atau sintak sebuah file HTML yang akan otomatis ditampilkan pada web browser anda. berikut codingannya.


Pada codingan diatas kita menggunakan kodingan dasar HTML seperti syntax untuk membuat paragraph <p></p> dan lain-lain yang bisa kita lihat pada kodingan diatas

1.2   ALGORITMA PEMBUATAN WEB BIODATA
Algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman computer. Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Sebagai contoh, banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah
Berikut adalah algoritma yang saya terapkan dalam pembuatan web biodata saya :

      1.            Langakah awal kita harus menetukan texteditor apa yang akan kita gunakan, yang saya gunakan adalah  software SUBLIME TEXT
      2.            Lalu kita buat source codenya/kodingan contohnya seperti kodingan yang sudah saya buat
      3.            Jika sudah maka simpan kodingan kit ajika kita simpan dengan ekstensi .HTML maka akan langsung terhubung dengan web browser tetapi jika .TXT maka kita hanya akan menyimpan kodingan kita dalam bentuk text saya
      4.            Lalu kita cari file simpanan kita dan buka file tersebut. Maka akan ditampilkan hasil web buatan kita

1.3   OUTPUT WEB BIODATA
2.1 WEB
PENGERTIAN WEBSITE
Web Site Disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Secara makna sebuah website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu.
Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.
Sebuah website adalah representasi virtual anda atau bisnis anda yang berada di internet. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, semua orang menginginkan informasi dapat tersaji dengan cepat dan akurat.

2.2 KEGUNAAN WEBSITE
  1. Sebagai tempat untuk menjual barang atau jasa.
  2. Tempat berbagi file atau berkas kepada orang lain seperti situs 4shared.com dan rapidshare.com
  3. Tempat untuk mencari penghasilan tambahan melalui bisnis online.
  4. Sebagai tempat untuk berkumpulnya suatu komunitas seperti jejaring sosial facebook, google plus dan semisalnya.
  5. Sebagai tempat untuk berbagi pengalaman kehidupan, cerita dan pengetahuan kepada orang lain.

JENIS-JENIS WEBSITE
- Website Profile                                 - Website Komunitas 
- Website Toko Online                       - Website Pendidikan
- Website Catalog                               - Website Personal (branding)
- Website Berita                                  - Website Bisnis, dll.
MANFAAT WEBSITE :
  1. Dengan memiliki website untuk usaha, berarti usaha sudah berada selangkah lebih maju dibandingkan competitor yang belum memiliki website.
  2. Meningkatkan brand/prestise perusahaan mata pelanggan dan calon pelanggan.
  3. Melalui website dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
  4. Website menampung produk dan informasi sebanyak-banyaknya. (Media advertising terbatas).
  5. Media Advertising (koran, tabloid, brosur) hanya pancingan saja. Pembaca akan mencari informasi lebih banyak melalui website Anda.
  6. Produk dan informasi akan terpublikasi ke seluruh dunia.(Media advertising hanya terbatas lokal saja).
  7. Sebagai tempat penjualan (Showroom) 24 jam selain toko nyata.
  8. Website adalah investasi super murah. Bandingkan dengan toko nyata yang harus sewa ruko, bayar listrik, bayar karyawan, telpon, dll.
  9. Memudahkan pelanggan menghubungi, dan mendapatkan informasi produk dan jasa.
  10. Mendapatkan Pelanggan Baru setelah melihat informasi yang menarik  ada diwebsite.
  11. Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan.
3.1 Perilaku User
Dengan tumbuhnya teknologi yang sangat berkembangg pesat di era modern seperti saat ini, membuat manusia dapat berinteraksi dengan teknologi misalnya dengan berselancar menggunakan media Internet sebagai sarana untuk mendapatkan informasi melalui suatu halaman web.
Didalam suatu halaman web terdapat fitur Navigasi,Pencarian(search),dan Rekomendasi web yang dapat memudahkan user/pengguna web untuk mendapat berbagai sumber informasi yang mereka inginkan.

3.2 Perilaku Navigasi
 Navigasi Web,  terdapat dibagian layout tampilan pada web, dan Navigasi berfungsi untuk memandu  dan mengantarkan pengunjung web kepada isi informasi yang dicari pada halaman web tersebut.
Ada dua tipe navigasi :
1.      Standar merupakan jenis yang memberikan overview dan peta penjelajahan sebuah situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian header, left,right  atau footer.
2.      Advance merupakan jenis ini masih bertujuan sebagai alat untuk menelusuri sebuah situs, dengan cara lebih spesifik. Misalnya pada situs online shop seperti melihat barang lewat kategori barang , range harga barang, dll yang mempermudah pengunjung dalam mencari kebutuhan  mereka. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.

3.3 Perilaku Pencarian (search)
Perilaku pencarian(search) merupakan bagian yang terdapat di dalam suatu web, denganPencarian internal dengan tetap mengkategorikan batasan-batasan pencarian yang pengunjung cari sehingga  pengunjung dapat mendapatkan berbagai informasi yang mereka inginkan pada halaman web tersebut dengan sangat mudah.

3.4 Rekomendasi Web
Rekomendasi web merupakan layanan web yang menyarankan user/pengunjung pengguna Internet pada halaman web yang biasanya digunakan untuk mengunjungi suatu situs web yang user cari. Misalnya user mencari informasi pada mesin pencarian(search engine) untuk mendapatkan informasi yang user cari. Contoh lain biasanya terdapat pada halaman/situs web yang didalamnya terdapat file download dan biasanya terdapat saran berupa miror halaman web lain tapi sama-sama dapat mendownload file terpilih tersebut.

4.1 Penjelasan E-Commerce
Yang dimaksud dengan e-commerce adalah suatu proses penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer atau internet. Arti lain dari e-commerce yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah dan mendefenisikan kembali hubungan yang baru antara penjual dan pembeli.
4.2 Bentuk atau Model E-Comerce
Saat ini model dari e-commerce dibagi menjadi 5 (lima) macam, yang diantaranya sebagai berikut:
a.       B to B e-commerce
B to B (Busines to Business) e-commerce, merupakan perdagangan secara elektronik antara organisasi atau perusahaan. Para ahli memprediksi bahwa B to B e-commerce ini akan semakin berkembang dengan cepat.
b.      B to C e-commerce
B to C (Business to Consumer) e-commerce, merupakan perdagangan antara organisasi atau perusahaan dan konsumen. B to C adalah salah satu dari bentuk e-commerce yang biasanya penjualan produk akan dilakukan secara eceran dari perusahaan kepada para konsumen. Kebanyakan konsumen akan membeli barang yang berbentuk fisik seperti telepon genggam, pakaian, buku dll. atau barang digital seperti softwere, e-book dll.
c.       B to G e-commerce
B to G (Business to Government) e-commerce, merupakan perdagangan antara perusahaan dengan pemerintah, misalnya seperti pengadaan koneksi internet, prosedeur perjanjian maupun kegiatan lainnya yang melibatkan bisnis antara perusahaan dan pemerintah.


d.      C to C e-commerce
C to C (Consumer to Consumer) e-commerce, merupakan perdagangan antara individu dengan konsumen. C to C dapat dikatakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lain dengan menggunakan media elektronik atau online.
e.       M – Commerce
M-Commerce (Mobile Commerce), merupakan perdagangan melalui perangkat elektronik tanpa kabel atau nirkabel misalnya melalui perangkat genggam seperti PDA.

4.3 Beberapa contoh bentuk e-commerce:
·         Perdagangan online melalui Website.
·         Transaksi bisnis secara online antara perusahaan.
·         TV Interaktif, Internet via TV.
·         Internet banking, dan lain-lain.
4.4 Manfaat E-Commerce bagi konsumen atau pelanggan
Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen dari e-commerce, diantaranya:
a.       Dimana saja dan kapan saja
Konsumen dapat bertransaksi kapan saja dan tentunya dapat membeli produk yang di inginkannya kapan saja, selama ada koneksi internet.
b.      Lebih banyak pilihan produk dan jasa
Produk yang ditampilkan dalam website e-commerce tentunya akan banyak pilihan, sebab untuk menupdate informasi mengenai produk dapat dilakukan dengan mudah.
c.       Harga yang relatif lebih murah
Dapat dilihat dan coba bandingkan biasanya harga dari produk yang ditawarkan di website e-commerce relatif lebih murah di bandingkan dengan produk yang ditawarkan di toko-toko fisik.
d.      Ketersediaan informasi
Tersedianya informasi yang akurat mengenai informasi atau spesifikasi produk yang di inginkan.
e.       Memberikan perbandingan harga saat berbelanja
Semakin banyaknya e-commerce sehingga dapat memungkinkan konsumen untuk mencari produk yang dicarinya dari beberapa website perusahaan dan nantinya konsumen akan menentukan harga terbaik.
f.        Kesempatan berpartisipasi
Konsumen dapat memberikan testimoni atau komentar mengenai pelayanan dan produk yang sudah dibelinya. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA “MINUMAN BOBA TEA UNYU-UNYU”

Membuat Objek 3 Dimensi dengan Blender