TUGAS SOFTSKILL (RANGKUMAN TUGAS 1 - 4)
1.1
CARA MEMBUAT
WEB TABEL BIODATA DIRI
Sebagai mahasiswa IT pastinya kita akan mempelajari cara
membuat web(web programming), salah satunya kita akan mempelajari tentang HTML.
kali ini saya akan membuat biodata diri saya dengan tampilan web. berikut
adalah kodingan atau sintak sebuah file HTML yang akan otomatis ditampilkan
pada web browser anda. berikut codingannya.
Pada codingan diatas kita
menggunakan kodingan dasar HTML seperti syntax untuk membuat paragraph
<p><
/p> dan lain-lain yang bisa kita
lihat pada kodingan diatas
1.2
ALGORITMA PEMBUATAN WEB BIODATA
Algoritma pemrograman adalah urutan
atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman computer. Dalam
pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana
cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Sebagai contoh,
banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis,
tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini,
algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah
Berikut adalah algoritma yang saya
terapkan dalam pembuatan web biodata saya :
1.
Langakah awal kita harus menetukan
texteditor apa yang akan kita gunakan, yang saya gunakan adalah software SUBLIME TEXT
2.
Lalu kita buat source
codenya/kodingan contohnya seperti kodingan yang sudah saya buat
3.
Jika sudah maka simpan kodingan kit
ajika kita simpan dengan ekstensi .HTML maka akan langsung terhubung dengan web
browser tetapi jika .TXT maka kita hanya akan menyimpan kodingan kita dalam
bentuk text saya
4.
Lalu kita cari file simpanan kita
dan buka file tersebut. Maka akan ditampilkan hasil web buatan kita
1.3
OUTPUT WEB
BIODATA
2.1
WEB
PENGERTIAN
WEBSITE
Web
Site Disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Secara makna sebuah
website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur
internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan
jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu.
Website
merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi
sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.
Sebuah
website adalah representasi virtual anda atau bisnis anda yang berada di
internet. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, semua orang
menginginkan informasi dapat tersaji dengan cepat dan akurat.
2.2
KEGUNAAN WEBSITE
- Sebagai tempat untuk menjual barang atau jasa.
- Tempat berbagi file atau berkas kepada orang lain seperti situs 4shared.com dan rapidshare.com
- Tempat untuk mencari penghasilan tambahan melalui bisnis online.
- Sebagai tempat untuk berkumpulnya suatu komunitas seperti jejaring sosial facebook, google plus dan semisalnya.
- Sebagai tempat untuk berbagi pengalaman kehidupan, cerita dan pengetahuan kepada orang lain.
JENIS-JENIS WEBSITE
- Website Profile - Website
Komunitas
- Website Toko Online - Website Pendidikan
- Website Catalog - Website
Personal (branding)
- Website Berita - Website
Bisnis, dll.
MANFAAT WEBSITE :
- Dengan memiliki website untuk usaha,
berarti usaha sudah berada selangkah lebih maju dibandingkan competitor
yang belum memiliki website.
- Meningkatkan brand/prestise
perusahaan mata pelanggan dan calon pelanggan.
- Melalui website dapat
memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi
produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
- Website menampung produk dan
informasi sebanyak-banyaknya. (Media advertising terbatas).
- Media Advertising (koran,
tabloid, brosur) hanya pancingan saja. Pembaca akan mencari informasi
lebih banyak melalui website Anda.
- Produk dan informasi akan
terpublikasi ke seluruh dunia.(Media advertising hanya terbatas lokal
saja).
- Sebagai tempat penjualan
(Showroom) 24 jam selain toko nyata.
- Website adalah investasi super
murah. Bandingkan dengan toko nyata yang harus sewa ruko, bayar listrik,
bayar karyawan, telpon, dll.
- Memudahkan pelanggan
menghubungi, dan mendapatkan informasi produk dan jasa.
- Mendapatkan Pelanggan Baru
setelah melihat informasi yang menarik ada diwebsite.
- Salah satu kunci utama
suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak
mungkin pengunjung sebagai pelanggan.
3.1 Perilaku User
Dengan tumbuhnya
teknologi yang sangat berkembangg pesat di era modern seperti saat ini, membuat
manusia dapat berinteraksi dengan teknologi misalnya dengan berselancar
menggunakan media Internet sebagai sarana untuk mendapatkan informasi melalui
suatu halaman web.
Didalam suatu
halaman web terdapat fitur Navigasi,Pencarian(search),dan Rekomendasi web yang
dapat memudahkan user/pengguna web untuk mendapat berbagai sumber informasi
yang mereka inginkan.
3.2
Perilaku Navigasi
Ada dua tipe navigasi :
1.
Standar
merupakan jenis yang memberikan overview dan peta penjelajahan sebuah situs.
Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian header, left,right atau footer.
2.
Advance
merupakan jenis ini masih bertujuan sebagai alat untuk menelusuri sebuah situs,
dengan cara lebih spesifik. Misalnya pada situs online shop seperti melihat
barang lewat kategori barang , range harga barang, dll yang mempermudah
pengunjung dalam mencari kebutuhan mereka.
Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi
antar muka yang lebih intuitif.
3.3
Perilaku Pencarian (search)
Perilaku
pencarian(search) merupakan bagian yang terdapat di dalam suatu web,
denganPencarian internal dengan tetap mengkategorikan batasan-batasan pencarian
yang pengunjung cari sehingga pengunjung
dapat mendapatkan berbagai informasi yang mereka inginkan pada halaman web
tersebut dengan sangat mudah.
3.4
Rekomendasi Web
Rekomendasi web
merupakan layanan web yang menyarankan user/pengunjung pengguna Internet pada
halaman web yang biasanya digunakan untuk mengunjungi suatu situs web yang user
cari. Misalnya user mencari informasi pada mesin pencarian(search engine) untuk
mendapatkan informasi yang user cari. Contoh lain biasanya terdapat pada
halaman/situs web yang didalamnya terdapat file download dan biasanya terdapat
saran berupa miror halaman web lain tapi sama-sama dapat mendownload file
terpilih tersebut.
4.1
Penjelasan E-Commerce
Yang
dimaksud dengan e-commerce adalah suatu proses penjualan dan pembelian produk
maupun jasa yang dilakukan secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer
atau internet. Arti lain dari e-commerce yaitu penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk
menciptakan, mengubah dan mendefenisikan kembali hubungan yang baru antara
penjual dan pembeli.
4.2 Bentuk atau Model E-Comerce
Saat
ini model dari e-commerce dibagi menjadi 5 (lima) macam, yang diantaranya
sebagai berikut:
a. B
to B e-commerce
B
to B (Busines to Business) e-commerce, merupakan perdagangan secara
elektronik antara organisasi atau perusahaan. Para ahli memprediksi bahwa B to
B e-commerce ini akan semakin berkembang dengan cepat.
b. B
to C e-commerce
B
to C (Business to Consumer) e-commerce, merupakan perdagangan antara
organisasi atau perusahaan dan konsumen. B to C adalah salah satu dari bentuk
e-commerce yang biasanya penjualan produk akan dilakukan secara eceran dari
perusahaan kepada para konsumen. Kebanyakan konsumen akan membeli barang yang
berbentuk fisik seperti telepon genggam, pakaian, buku dll. atau barang digital
seperti softwere, e-book dll.
c. B
to G e-commerce
B
to G (Business to Government) e-commerce, merupakan perdagangan antara
perusahaan dengan pemerintah, misalnya seperti pengadaan koneksi internet,
prosedeur perjanjian maupun kegiatan lainnya yang melibatkan bisnis antara
perusahaan dan pemerintah.
d. C
to C e-commerce
C
to C (Consumer to Consumer) e-commerce, merupakan perdagangan antara
individu dengan konsumen. C to C dapat dikatakan transaksi dimana konsumen
menjual produk secara langsung kepada konsumen lain dengan menggunakan media
elektronik atau online.
e. M
– Commerce
M-Commerce
(Mobile Commerce), merupakan perdagangan melalui perangkat elektronik
tanpa kabel atau nirkabel misalnya melalui perangkat genggam seperti PDA.
4.3 Beberapa
contoh bentuk e-commerce:
·
Perdagangan online melalui Website.
·
Transaksi bisnis secara online antara perusahaan.
·
TV Interaktif, Internet via TV.
·
Internet banking, dan lain-lain.
4.4 Manfaat
E-Commerce bagi konsumen atau pelanggan
Beberapa
manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen dari e-commerce, diantaranya:
a.
Dimana saja dan kapan saja
Konsumen
dapat bertransaksi kapan saja dan tentunya dapat membeli produk yang di
inginkannya kapan saja, selama ada koneksi internet.
b.
Lebih banyak pilihan produk dan jasa
Produk yang
ditampilkan dalam website e-commerce tentunya akan banyak pilihan, sebab untuk
menupdate informasi mengenai produk dapat dilakukan dengan mudah.
c.
Harga yang relatif lebih murah
Dapat
dilihat dan coba bandingkan biasanya harga dari produk yang ditawarkan di
website e-commerce relatif lebih murah di bandingkan dengan produk yang
ditawarkan di toko-toko fisik.
d.
Ketersediaan informasi
Tersedianya
informasi yang akurat mengenai informasi atau spesifikasi produk yang di
inginkan.
e.
Memberikan perbandingan harga saat berbelanja
Semakin
banyaknya e-commerce sehingga dapat memungkinkan konsumen untuk mencari produk
yang dicarinya dari beberapa website perusahaan dan nantinya konsumen akan
menentukan harga terbaik.
f.
Kesempatan berpartisipasi
Konsumen
dapat memberikan testimoni atau komentar mengenai pelayanan dan produk yang
sudah dibelinya. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Komentar
Posting Komentar