GRAFIK 2D & 3D
Tugas Softskill
Mata Kuliah : Desain Permodelan Grafik#
Pemodelan grafis adalah Transformasi dari suatu konsep (atau suatu
benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer
bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface, properties, volumetric,
properties dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari objek 2D
dan 3D. Lalu berikut ini adalah berbagai bentuk grafik computer yang terbagi
menjadi 2 bagian ,yaitu :
1.
Grafik 2D
Grafik 2D adalah bentuk dari benda yang memiliki
panjang dan lebar. Sehingga secara garis besar dapat dikatakan sebagai sebuah
teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan
sumbu y (tegak). Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan
ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0
dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.
2.
Grafik 3D
Grafik Komputer 3D merupakan
perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk
grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu objek
rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada
permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam
tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek,
layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek,
dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut. Istilah atau
Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang
memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D Di dalam dunia
game.
TOOLS PENDUKUNG
1.
Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan
pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang sejenis. Program ini
mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain
(seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
1. Adobe FrameMaker
2. Adobe In Design
3. Adobe PageMaker
4. Corel Ventura
5. Microsoft
Publisher
6. Quark Xpress
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat
digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering
disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa
kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi
yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
1. Adobe Illustrator
2. Beneba Canvas
3. CorelDraw
4. Macromedia
Freehand
5. Metacreations
Expression
6. Micrografx
Designer
7. Inkscape
3.
Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat
dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Objek yang
diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa
titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar
dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan
warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat
juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel.
Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan
program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk
pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
1. Adobe Photoshop
2. Corel Photo Paint
3. Macromedia Xres
4. Metacreations
Painter
5. Metacreations Live
Picture
6. Micrografx Picture
Publisher
7. Microsoft Photo
Editor
8. QFX
9. Wright Image
10. Pixelmator
11. Manga studio
12. Gimp
13. Pos Free Photo
Editor
4.
Aplikasi Pengolah Film/Video
Program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam
berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan,
dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus
(special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain
juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
1. Adobe After Effect
2. Power Director
3. Show Biz DVD
4. Ulead Video Studio
5. Element Premier
6. Easy Media Creator
7. Pinnacle Studio
Plus
8. WinDVD Creater
9. Nero Ultra Edition
10. Camtasia
5.
Aplikasi Pengolah Multimedia
Program
yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya
dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang
sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat
berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian
rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk
dalam kelompok ini adalah:
1. Macromedia
2. Macromedia
Authorware
3. Macromedia
Director
4. Macromedia Flash
5. Multimedia Builder
6. Ezedia
7. Hyper Studio
8. Ovation Studio Pro
6.
Pengolah 3 dimensi
1. Xara 3D
2. 3Ds Max
3. Houdini
4. Lightware
5. Blender
6. Pixar
7. Maya
8. Poser
9. AutoCad
10.Zmodeler
7.
Software tipografi
1. Fontographer
2. AMP Font Viewer
Komentar
Posting Komentar